Search This Blog

Loading...

Friday, June 1, 2012

Awass!!! Handphone anda bisa berteriak

TEMPO.CO , Jakarta - Salah satu barang 'favorit' yang seri menjadi incaran pencuri adalah ponsel karena relatif mudah untuk dijual kembali. Symantec, perusahaan software keamanan meluncurkan Norton Mobile Security, untuk menghindarkan pengguna ponsel cerdas dari tindak kriminalitas ini.
"Salah satu fitur anti-maling di dalamnya adalah Scream, dimana ponsel dapat berteriak," ujar Erwin Yovitanto, Business Manager Astrindo Starvision selaku distributor Norton di Jakarta, Rabu, 30 Maret 2012.
Fitur ini berguna saat pengguna lupa di mana meletakkan ponsel, dan juga 'pertolongan pertama' yang bisa dilakukan kala menjadi korban pencurian. Untuk menggunakan fitur ini, pengguna terlebih dahulu mendaftarkan password dan tiga nomor kontak yang bisa dipakai untuk mengaktifkannya 'teriakan' ini.
Ketika dibutuhkan, pengguna ketiga nomor yang telah didaftarkan tersebut mengirimkan pesan SMS bertuliskan 'scream' diikuti dengan password, ke nomor ponsel yang hilang itu. Saat SMS sampai, alarm akan berbunyi selama 30 detik dan selama itu tidak dapat dimatikan.
Pengguna dapat mengetahui lokasi HP tersebut dengan mengirimkan SMS berbunyi 'locate' yang diikuti dengan password. Akan muncul SMS balasan berisi letak meridiannya, yang dapat dimasukkan ke Google Map untuk mengetahui posisi ponsel yang hilang tersebut di peta.
Untuk melindungi data penting di smartphone agar tidak jatuh ke tangan yang salah, pengguna juga dapat menghapus data di perangkat secara jarak jauh. Tidak hanya melalui SMS, fitur ini dapat pula diaktifkan melalui web.
Selain fitur anti-maling tersebut, Norton juga menghadirkan fungsi lainnnya, yaitu anti-malware, call & SMS blocking, serta proteksi terhadap situs web tidak aman ketika mengakses internet.
Selain untuk smartphone, terdapat pula aplikasi Norton Mobile Security untuk tablet. Selain tampilan yang lebih besar, pada produk untuk tablet tidak disediakan fitur SMS dan call blocking, dengan alasan sebagian tablet memang tidak memiliki fungsi tersebut.
Sebagai gantinya, ditanamkan fungsi 'sneak peek', dimana pengguna dapat mengambil foto dari tablet secara jarak jauh, untuk mengetahui siapa yang sedang menggunakan tablet tersebut.
Norton Mobile Security saat ini tersedia untuk perangkat Android, dengan harga lisensi Rp 150 ribu yang berlaku untuk satu tahun. Versi trial dari produk ini dapat diunduh gratis dan berlaku untuk tiga hari di norton.com/nms.

0 comments:

Post a Comment