Search This Blog

Loading...

Tuesday, June 12, 2012

Zoroaster

Zoroaster adalah “nabi”nya iran.dia adalah pendiri agama zoroastrianisme,sebuah agama yang berlangsung lebih dari 2600 tahun dan tetap punya penganut hingga kini.dia juga penulis gathas,bagian tertua dari avesta,petunjuk suci pemeluk agama Zoroaster.
Informasi biografis yang meyangkut Zoroaster tidak lengkap,tapi tampaknya dia dilahirkan kira-kira tahun 628 SM di daerah iran utara.sedikit sekali bisa mengetahui masa kecilnya.sesudah dewasa dia mengkhotbahkan agama baru yang di susunya sendiri.pada tingkat awalnya banyak penentengan terhadap ajaran yang di bawa oleh Zoroaster ini.tapi tatkala usianyaa menginjak 40 tahun dia berhasil menarik raja vishtaspa sebagai pemeluknya,dia adalah seorang penguasa di daerah iran utara.sesudah itu sang raja menjadi sahabatnya dan sekaligus pelindungnya.
Teologi Zoroaster merupakan campuran menarik antara monotheisme dan dualisme.menurut Zoroaster hanya ada satu tuhan sejati yang di sebut ahura mazda. Ahura mazda adalah tuhan yang bijaksana yang menganjurkan kejujuran dan kebenaran. Tapi penganut Zoroaster juga percaya dengan adanya roh jahat yaitu angra mainyu . yang melambangkan kejahatan dan kepalsuan. Penganut Zoroaster percaya bahwa dalam jangka panjang kekuatn ahura mazda akan keluar sebagai pemenang. Teologi mereka juga termasuk keyakinan penuh tentang adanya kehidupan setelah kematian.
Dalam masalah –masalah etika. Agama Zoroaster menekankan arti pentingnya kejujuran dan kebenaran. Penganut Zoroaster melaksanakan berbagai ibadah agama yang menarik, beberapa diantaranya di pusatkan pada pemujaan api. Misalnya api suci senantiasa di biarkan berkobar di kuil Zoroaster, tapi yang paling nyata dalam ibadah mereka adalah cara melenyapkan jenazah, bukannya di kubur atau di baker melainkan di letakkan di atas menara di biarkan habis di makan burung pemakan bangkai. (burung- burung itu biasanya memakan jenazah tersebut hingga tulang belulang dan dalam tempo beberapa jam saja.)
Menurut kisah tradisional di iran, Zoroaster hidup hingga usia 77 tahun.dengan demikian kematianya di perkirakan tahun 551 SM.( Zoroaster 628 SM – 551 SM ) .

2 comments:

Post a Comment