Search This Blog

Wednesday, June 27, 2012

Mengenal Jenis Pengobatan Kanker

TERAPI SISTEMIK PRIMER (NEO-ADJUVANT THERAPY)

Pemilihan jenis terapi ini dapat dilakukan sebelum operasi pengambilan tumor. Hal ini bergantung pada jenis, penyebaran, dan ukuran tumor pada saat diagnostik awal. Terapi ini bertujuan mengurangi ukuran tumor hingga memungkinkan dilakukan operasi sekaligus mempertahankan bentuk payudara. Hal ini juga memberikan informasi berharga tentang sensitivitas tumor pada obat yang digunakan dan terapi yang tepat.

PEMBEDAHAN

Tumor primer biasanya dihilangkan dengan pembedahan. Prosedur dilakukan kepada pasien kanker payudara, bergantung pada stadium penyakit, jenis tumor, umur, dan kondisi umum pasien. Ahli bedah dapat mengangkat tumor, mengangkat sebagian payudara dan kelenjar getah bening, atau pengangkatan seluruh payudara.

TERAPI RADIASI ADJUVAN

Terapi radiasi dilakukan dengan sinar X berintensitas tinggi untuk membunuh sel kanker yang tidak terangkat saat pembedahan. Ini dilakukan pada pasien yang telah menjalani operasi untuk tumor yang terlokalisasi pada suatu area.

TERAPI HORMONAL

Beberapa tumor payudara mengekspresikan banyak reseptor estrogen (RE) pada permukaan selnya. Pada tumor ini, hormon estrogen perempuan akan menunjang pertumbuhan hormon yang berkaitan dengan RE dan mengatur siklus pertumbuhan sel.

KEMOTERAPI

Obat kemoterapi digunakan, baik pada stadium awal maupun stadium lanjut penyakit (tidak dapat lagi dilakukan pembedahan, stadium lanjut yang terlokalisasi atau metastatik). Obat kemoterapi bisa digunakan secara tunggal atau dikombinasikan.

TERAPI IMUNULOGIK

Sekitar 20%–30% tumor payudara menunjukkan overekspresi atau amplifikasi gen secara berlebihan. Pasien disarankan menjalani tes HER2 untuk mendapatkan manfaat terapi dengan trastuzumab.

Sumber Data : Seputar Indonesia

0 comments:

Post a Comment