Search This Blog

Sunday, June 17, 2012

Cara mencegah Diabetes


Diabetes memang tidak bisa disembuhkan. Namun diabetes bisa dikendalikan dengan cara yang tepat. Diabetes adalah penyakit akibat tingginya kadar gula dalam darah. Bagi penderita penyakit diabetes, haruslah mengatur pola makan sehari-hari. Pola makan tersebut meliputi mengatur jumlah kalori yang dibutuhkan, mengatur komposisi makanan yang dikonsumsi dan mengatur jadwal makan. Berikut Beberapa Cara Mencegah Diabetes :
Olahraga Teratur
Dengan melakukan olahraga yang teratur, kadar gula dalam darah kita akan terproses menjadi energi. Sehingga kadar gula dalam darah tetap normal. Untuk itu lakukan olahraga minimal 3 kali dalam seminggu dengan durasi waktu kurang lebih 30 menit.
Atur Pola Makan
Mengatur pola makan tersebut meliputi mengatur jumlah kalori yang dibutuhkan, mengatur komposisi makanan yang dikonsumsi seperti kandungan karbohidrat pada makanan dan mengatur jadwal makan. Atur pola makan dengan 3 makan utama dan 2 kali snack.
Berhenti Merokok
Merokok 20 batang atau lebih dalam dapat meningkatkan resiko diabetes 3 kali dibanding dengan yang tidak merokok. Untuk melakukannya silahkan pelajari artikel tentang cara berhenti merokok.
Konsumsi Serat
Untuk mengontrol kadar gula dalam darah, perbanyaklah mengkonsumsi serat pada menu makanan anda. Selain itu serat juga akan memperlancar proses metabolisme dalamtubuh.
Turunkan Berat Badan
Turunkan Berat Badan anda sampai pada berat badan ideal anda. Karena kegemukan merupakan salah satu gejala sindroma metabolik. Anda dapat menurunkan berat badan dengan cara melakukan diet yang benar, seperti Diet Golongan DarahDiet Mayo.

sumber:

2 comments:

Post a Comment