Search This Blog

Loading...

Saturday, May 26, 2012

Urine Terlalu Kuning itu Karena Apa Ya.?

Urine Terlalu Kuning

Pada dasarnya, urine atau air seni merupakan hasil buangan dari proses panjang organ ginjal anda di mana komposisi urine terdiri dari 96% air, dan benda padat 4% termasuk urea dan natrium khlorida, serta benda padat lainnya.
Ciri-ciri urine yang normal adalah jumlahnya rata-rata 1-2 liter per hari, tapi berbeda-beda sesuai dengan jumlah cairan yang dimasukkan setiap hari. Banyaknya bertambah pula bila terlampau banyak mengonsumsi makanan yang mengandung protein. Warnanya bening oranye pucat tanpa endapan, tapi adakalanya lendir atau busa tipis nampak terapung di atasnya, baunya tajam.
Urine juga mempunya berat jenis. Kendati demekian, berat jenis urine tergantung dari jumlah zat yang larut di dalam urine atau terbawa dalam urine. Berat jenis plasma (tanpa protein) adalah 1010, bila ginjal mengencerkan urine (misalnya sesudah minum air), maka berat jenisnya kurang dari angka 1010. Bila ginjal memekatkan urine, sebagaimana fungsi ginjal semestinya, maka berat jenis urine naik di atas 1010.
Mengenai kasus anda, bila dilihat dari keterangan di atas, maka urine anda nampaknya jauh dari normal. Saya sarankan, sebaiknya anda konsul ke dokter dan mencek urine anda di lab, meski anda kelihatan sehat-sehat saja tidak berarti organ di tubuh anda tidak mempunyai masalah. Di samping itu, perbanyaklah minum air putih, minimal 8 gelas atau paling banyak 2,5 liter. Air putih sangat baik untuk membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk masalah dengan sistem urinari kita.

0 comments:

Post a Comment