Search This Blog

Loading...

Saturday, May 26, 2012

Tambah Berat Badan

Tambah Berat Badan

Sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang sulit menjadi gemuk kendati sudah makan di luar porsi. Faktor-faktor tersebut adalah gen, nutrisi dan masalah pada sistem pencernaan.
Masalah genetika, diakui atau tidak, sering menjadi faktor terhadap berbagai masalah kesehatan. Jika dari orang tua, kakek-nenek anda ada yang kurus, maka sifat bawaan itu akan menurun pada anak atau cucunya, walau sifat bawaan itu pada dasarnya tidak bersifat merata pada semua. Alhasil, yang kebetulan terkena carrier itu akan sulit gemuk meski sudah berupaya sedemekian rupa untuk meningkatkan berat badan.
Jika hal ini terjadi, sikap yang paling tepat adalah terus menjaga kesehatan. Biar kurus yang penting sehat dan tidak penyakitan. Untuk kelihatan gemuk, anda bisa mengatasi dengan pakaian yang lebih besar.
Kecukupan gizi merupakan salah satu faktor penting untuk menambah berat badan. Gizi atau nutrisi justru jauh lebih aman dan penting daripada mengkonsumsi jamu atau suplemen-suplemen lainnya karena tidak mengandung kimia sintesis. Dinamakan supplemen hanyalah sebagai tambahan jadi anda harus memenuhi pola makan yang utama terlebih dahulu dan jangan melakukan sebaliknya.
Di dalam tubuh ada tiga hal pokok yang bisa menjadikan seseorang itu gemuk yaitu, massa otot, lemak dan air. Nutrisi bisa merangsang pertumbuhan massa otot dan menaikkan kadar lemak dengan pola seimbang. Cobalah dengan cara yang alami yaitu makan yang cukup baik dalam jumlah maupun gizinya. Makanan harus mengandung karbohidrat (nasi putih, kentang, roti gandum, dsb.) dan protein (dada ayam, putih telur, ikan-ikanan, dan sebagainya) agar pertambahan berat badan berkualitas (bukan menambah lemak). Hindari makanan yang mengandung lemak, gula, garam, mecin yang berlebihan.
Olahraga teratur setiap hari sangat membantu mengembangkan massa otot. Lakukan olahraga sesuai dengan kemampuan selama 30-45 menit. Olahraga tidak hanya membantu membentuk tubuh sesuai dengan massa otot, tapi juga bisa membakar lemak yang berlebihan di dalam tubuh.
Masalah pencernaan sangat berpengaruh terhadap penyerapan saripati makanan ke dalam tubuh. Pencernaan yang sehat akan memudahkan saripati tersebut disimpan di dalam tubuh. Pencernaan melalui dua tahapan, yakni di mulut dan di usus halus. Bila pencernaan di mulut tidak sempurna, maka tidak sempurna pula pencernaan di usus halus. Makanan yang baru keluar dari lambung itu tidak dapat diproses dengan baik oleh enzim-enzim yang ada di usus halus, sehingga langsung dialirkan ke usus besar. Sementara sari-sari makanan yang baik (dibutuhkan tubuh) hanya sedikit yang bisa disalurkan ke hati untuk diproses.

0 comments:

Post a Comment