Search This Blog

Loading...

Friday, May 25, 2012

Pembuat dan Perancang Patung Liberty

Anda tahu patung Liberty? Ya patung yang wujudnya berupa perempuan sedang mengacungkan obor menyala. Patung ini terletak di Bedloe's Island, dekat Pintu Emas, Pelabuhan New York, America Serikat. Obornya itu terbuat dari logam berlapiskan emas 24 karat. Makanya, obor itu bakal berkilat-kilat begitu terkena sinar lampu atau matahari. Patung Liberty merupakan hadiah rakyat Prancis untuk rakyat Amerika pada ulang tahun kemerdekaan AS ke-100. Hadiah tersebut merupakan gagasan Edouard Rene Lefebre de Laboulaye, ahli hukum Prancis. Edouard menyampaikan ide pembuatan patung dalam sebuah percakapan setelah makan malam di rumahnya, di Versailles pada tahun 1865. Saat itu, Prancis memang sedang ramai-ramainya mendengungkan semboyan "Persaudaraan, Persamaan dan Kemerdekaan". Untuk itu, terhadap AS pun, Prancis bersikap ramah dan penuh persaudaraan. Istilah Liberty berasal dari bahasa Yunani, 'libertas', yang berarti kebebasan atau kemerdekaan. Liberty adalah lambang kebebasan dan kemakmuran, terutama bagi orang-orang yang datang ke Amerika Serikat dengan tekad hendak bekerja keras.
Prederic Auguste Bartholdi, pematung terkenal, merasa tertarik pada ide Edouard. atas saran Edouard, Bartholdi berkeliling AS selama tiga setengah bulan untuk memilih lokasi yang cocok untuk patung Liberty. Hingga akhirnya, ia memutuskan untuk membangunnya di mulut pelabuhan New York. Lokasi ini dianggap tepat karena pada masa itu, New York merupakan pintu masuk bagi pendatang. Untuk itu, kelak, benda pertama yang bakal dilihat para pendatang ke Amerika adalah patungnya. Sejak 1875, dikumpulkanlah dana dengan bermacam-macam cara, untuk modal membuat patung Liberty. Lima tahun kemudian, uang itu pun terkumpul. Maka, pertengahan 1885 tibalah di New York kapal berisi potongan-potongan patung seberat 200 ton, untuk disusun menjadi patung utuh. Sebelumnya, Bartholdi pernah membuat model patung untuk mercusuar di Terusan Suez, tetapi rencana untuk mewujudkannya batal. Ia memperbaiki model itu untuk Liberty, dan mengganti w`jah si patung dengan wajah ibunya sendiri, sedangkan lengan patung dibuat sama dengan bentuk lengan istrinya. Bartholdi tidak membuat patung ini sendirian. Mimbar setinggi 50 meter untuk tempat berdirinya Liberty dibuat oleh arsitek Amerika, Richard Morris Hunt. Mhmbar ini harus kuat dan tahan angin karena Liberty yang berada diatasnya berukuran sangat besar. Bayangkan saja, tingginya 45,5 meter dengan garis tengah 33 meter.
Sementara itu, pembuatan kerangka patung dibantu oleh Gustave Eiffel (pencipta menara Eiffel di Paris). Biar kuat, Eiffel merancang kerangka Liberty dari bahan logam yang dibuat bersusun-susun. Tanggal 28 Oktober 1886, patung Liberty diresmikan oleh Presiden AS saat itu Grover Cleveland. Pada tahun 1983 hingga 1986, patung ini pernah mengalami perbaikan atau pemugaran besar-besaran. Maksudnya agar patung bisa lebih kuat dan tahan lama sehingga takkan tumbang atau retak meski diterjang angin puyuh sekalipun. Liberty tetap tegak berdiri hingga sejarang.

0 comments:

Post a Comment