Search This Blog

Loading...

Wednesday, August 8, 2012

Lukisan yang Diduga Karya da Vinci Ditemukan di Peternakan di Skotlandia

iona McLaren, 59, menyimpan lukisan tua di rumah peternakannya selama beberapa dekade. Sudah lama dia tidak memikirkan soal lukisan yang diberikan oleh ayahnya sebagai hadiah itu. Namun setelah dia mencoba membawa lukisan itu ke seorang juru taksir, kini beberapa pakar berspekulasi bahwa lukisan tersebut adalah karya Leonardo da Vinci berusia 500 tahun dan bisa bernilai $150 juta atau Rp 1,4 triliun.

"Saya menunjukkan lukisan ini pada dia (pelelang Harry Robertson) dan dia tertegun, tak bisa berbicara apa-apa, hanya berseru," kata McLaren, menurut The People.

Daily Mail melaporkan bahwa lukisan ini kemungkinan adalah Maria Magdalena yang memegang seorang bayi. Kini lukisan tersebut sedang menjalani analisis lanjutan dari para pakar di Universitas Cambridget dan Hamilton Kerr Institute, yang bisa mengetahui usia tepat dan asal lukisan ini.

Meski lukisan tersebut bukan asli karya da Vinci, namun setidaknya berasal dari sekolah lukis da Vinci dan dibuat oleh salah satu murid pelukis maestro tersebut dari abad ke-16.

Ada papal bull atau semacam sertifikat dari Paus yang tertempel di belakang lukisan sehingga karya ini dipercaya berasal dari era Paus Paulus V, kepala Gereja Katolik pada awal abad 17. McLaren bilang ada tulisan "Magdalena" yang jelas terlihat di kertas pudar.

Menurut McLaren, dia berharap lukisan ini bisa terjual ke sebuah museum dan dia berencana menyumbangkan sebagian dari nilai penjualan lukisan tersebut setelah dilelang.

0 comments:

Post a Comment