Search This Blog

Loading...

Wednesday, August 8, 2012

5 Penyebab Blog Jadi Sepi Pengunjung


www.rayhanzhampiet.com
Penyebab Blog Jadi Sepi Pengunjung  – Mungkin anda sudah sering mendengar pertanyaan “kenapa ya blog saya sepi pengunjung ?” atau bahkan anda sendiri mungkin pernah menanyakannya ke orang lain. Alasan blog sepi dari pengunjung bisa jadi disebabkan beberapa faktor, dan diantara faktor penyebab blog sepi dari pengunjung ini kadangkala malah hal-hal kecil yang tidak pernah kita perhatikan sebelumnya. Kalau sebelumnya saya sudah pernah menulis tentang bagaimana cara meningkatkan pengunjung blog, nah penyebab dari blog sepi pengunjung bisa jadi kebalikan dari alasan yang saya tulis di artikel tersebut. Melalui artikel ini saya ingin berbagi opini/pendapat yang simple tapi relevan mengenai hal-hal yang bisa menjadi penyebab kurangnya pengunjung yang datang ke blog anda.         
Alasan / Penyebab Blog Sepi Pengunjung
1.       Blog atau Artikel tidak terindeks oleh Search Engine
Pahamilah dulu darimana pengunjung blog anda datang ! Karena memang sebagai blogger kita harus paham darimana saja kemungkinan pengunjung akan datang mengunjungi blog kita. Jawabannya adalah Search Engine atau mesin pencarian/penelusuran seperti Google !! Fakta yang sulit untuk dibantah bahwa sumber dari trafik yang datang menuju ke sebuah situs/web atau blog 95 persen berasal dari hasil pencarian kata kunci/keyword tertentu di google. Dengan demikian kalau kita menginginkan trafik/pengunjung yang datang dari hasil pencarian keyword ya otomatis blog atau artikel kita harus bisa terindeks oleh Google supaya bisa menjadi referensi untuk pencarian kata kunci atau artikel tertentu. Cara supaya blog atau artikel kita cepat di indeks oleh Google diantaranya adalah dengan memberikan backlink kearah artikel/posting yang kita buat dan biasakan juga melakukan ping setiap kali mempublish artikel baru di blog anda.
2.       Kurangnya variasi konten atau artikel
Boleh-boleh saja kita menetapkan beberapa niche untuk blog kita misalnya mengenai tutorial blog atau SEO dan lain-lain. Tapi bukan berarti topik yang kita bahas di setiap artikel selalu tentang hal itu-itu saja bukan ? Karena sudah pasti suatu saat pengunjung blog anda akan bosan. Apalagi kalau sudah membicarakan tentang SEO, karena hanya sedikit orang yang tertarik dengan SEO dan sedikit orang juga yang mencari referensi mengenai topik SEO di search engine. Jadi menurut saya alangkah bagusnya kalau kita bisa menuliskan artikel dengan beberapa variasi topik namun tetap TANPA HARUS melupakan niche blog yang kita pilih. Paling tidak kita harus berpikiran bahwa variasi konten yang kita buat harus bisa menjadi penambah pageview untuk blog kita. Pageview adalah perbandingan antara jumlah pengunjung dengan total jumlah halaman blog yang dibaca. Kalau jumlah pengunjung yang datang ke blog saya 2000 pengunjung dan total jumlah halaman yang dibaca ada 5000 halaman, maka nilai pageview-nya adalah 5000/5 = 2,5. Dan kalau saya disuruh memilih, pilih mana antara anda dikunjungi oleh 2000 visitor dengan 5000 halaman yang dibaca ATAU dikunjungi oleh 4000 visitor tapi dengan jumlah halaman yang sama yaitu 5000 ? Maka saya akan memilih yang PERTAMA karena nilai pageview-nya LEBIH TINGGI !! Mudah-mudahan sobat paham dengan apa yang saya maksud disini :D.

3.       Kesalahan pemilihan template
Mungkin terdengar sepele tapi menurut saya ini bisa jadi faktor penyebab kenapa pengunjung blog anda sepi karena ternyata pengunjung TIDAK SUKA template yang anda pakai. Menurut kesan mereka template anda tidak sesuai dengan topik atau jenis artikel yang anda tulis di blog. Misalnya blog sobat mengulas tentang gadget atau review HP terbaru, tapi blog anda menggunakan template dengan background berlatar HITAM. Menurut saya ini kurang tepat, karena akan lebih bagus kalau kita menggunakan template dengan background putih sehingga gambar-gambar gadget atau HP terbaru yang ditampilkan pun akan terlihat lebih hidup dan menarik. Kesimpulannya kalau kita suka dengan 1 template, belum tentu template itu tepat untuk kita pakai. Jadi hati-hati dan pertimbangkanlah baik-baik dalam hal pemilihan template ini.
4.       Kurangnya menu navigasi dan penataan blog yang berlebihan
Saat berkunjung ke blog-blog lain saya sering memperhatikan 2 elemen penting ini. Salah satu menu navigasi yang menurut saya harus tersedia di blog adalah menu DAFTAR ISI. Menu ini akan sangat memudahkan pengunjung untuk mengetahui artikel apa saja yang ada di blog anda dan PATUT mereka baca. Kemudian perhatikan pula penataan widget yang ada di blog anda. Jangan menggunakan widget yang berlebihan meskipun widget itu bagus dan menarik untuk ditempatkan di sidebar blog anda. Cari tahu dan pertimbangkan dulu dampak baik dan buruknya memasang sebuah widget meskipun itu hanya sebuah widget translator atau penterjemah bahasa. Kenapa saya memberi contoh widget translator ? Karena widget tersebut menggunakan javascript ! Dan sebagaimana diketahui bahwa javascript akan mempengaruhi kecepatan loading blog. Inilah yang saya maksud diawal kadang kita lupa memikirkan sampai kesana. Kita lupa bahwa pengunjung hanya memberikan waktu beberapa detik untuk membuka halaman blog kita, begitu halaman itu lambat dibuka karena loading yang lama maka pengunjung akan segera ambil langkah seribu alias KABUR. Jadi meskipun sebuah widget bisa mempercantik tampilan blog anda, tapi bisa jadi efek dari pemasangan widget tersebut kurang baik. So hati-hati pula lah dalam memilih widget-widget yang akan anda pakai !!
5.      Blog jarang di update dan konten yang kurang menarik
Penyebab blog sepi pengunjung yang terakhir ini masih ada hubungan dengan penyebab nomor 1 dan 2 diatas. Blog yang jarang di update akan berpengaruh pada Alexa rank yang ogah naik dan pagerank Google yang hanya jadi mimpi. Blog yang selalu diupdate meskipun hanya 2 artikel dalam 1 minggu akan membuat indeks artikel dan blog secara keseluruhan akan lebih baik. Apalagi kalau anda terbiasa meletakkan internal link dalam postingan yang merujuk pada artikel-artikel sebelumnya. Ini kalau kita menilai dari sisi SEO, kalau dari sisi pengunjung gimana gan? Biasanya pengunjung berharap pada kunjungan ke-2 dan seterusnya dia akan menemukan artikel-artikel baru di blog kita meskipun sebenarnya artikel tersebut tidak penting bagi dia. Tapi apa yang terjadi jika pada kunjungan ke-2 saja pengunjung tersebut tidak menemukan artikel terbaru? Jawabannya: berarti anda sudah kehilangan 1 trafik dan sekian pageview. Kemudian masalah konten yang menarik memang relatif, dalam artian sulit untuk dijabarkan secara lugas karena yang lebih berkompeten untuk menilai adalah pengunjung itu sendiri. Saya hanya bisa memberikan gambaran setidaknya dari kita sendiri ada upaya-upaya tertentu untuk menuliskan sebuah topik sederhana tapi menjadi menarik untuk dibaca dan disimak. Ini bisa dilakukan melalui gaya bahasa penulisan yang mudah dimengerti dan pahamilah apa yang anda tulis. Tapi kalau yang anda posting adalah artikel copas maka bukan tidak mungkin anda pun tidak paham sama sekali dengan apa yang anda posting. Sungguh memalukan kalau ada pengunjung yang bertanya di kolom komentar dan anda hanya bisa menjawab “saya juga masih belajar sob…!!” ggkkkkk.    
Mohon maaf kalau apa yang uraikan dalam 5 Penyebab Blog Sepi Pengunjung ini tidak sesuai harapan anda. Saya hanya berusaha ingin mengkritisi hal-hal sederhana diluar faktor SEO yang mungkin bisa menjadi penyebab kenapa blog menjadi sepi pengunjung. Sebenarnya kalau dirunut akan ada puluhan faktor penyebab lain seperti kurangnya promosi blog ke social bookmark atau terlalu banyaknya iklan yang dipasang di blog dan lain-lain. Silahkan sobat mencari sumber referensi lain untuk lebih melengkapi apa yang sudah anda baca di artikel ini. Apa yang saya sampaikan disini hanyalah sekelumit opini/pendapat dari seorang newbie yang tak luput dari kekurangan.

0 comments:

Post a Comment