Search This Blog

Loading...

Saturday, October 13, 2012

Empat Model Toyota di Indonesia Ikut Ditarik

Indonesia terkena imbas penarikan yang tengah dikampanyekan oleh Toyota, untuk sekitar 7,4 juta unit produknya di seluruh dunia. Dan di Indonesia akan ada sebanyak 53 ribu sedan yang akan di-recall, terdiri dari model Yaris, Vios, Corolla Altis, dan Camry, produksi Thailand tahun 2006 - 2008.
Untuk diketahui, pada Rabu (10/10), Toyota mengumumkan kampanye perbaikan secara global terhadap 7,4 juta kendaraan, Rabu (10/10). Penarikan secara global ini diambil menyusul adanya kerusakan pada saklar power window.
Permasalahan muncul karena penggunaan pelumas komersial, bukan minyak pelumas khusus yang digunakan oleh pabrik. Hal ini dapat mengakibatkan panas berlebih sehingga dapat melelehkan saklar.
Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), Joko Trisanyoto, di Jakarta, Kamis (11/10), menjelaskan, pengumuman pemeriksaan kembali empat model sedan yang dipasarkan di Indonesia pada kurun waktu 2006 - 2008 tersebut merupakan bagian dari instruksi Toyota Motor Corp (TMC).
berdasarkan investigasi TMC kemungkinan ada kekurangan pelumas pada tombol utama pengatur jendela mobil tersebut atau master power-window switch (tombol jendela dekat supir). Masalah terjadi bukan pada jendela dekat supir, tetapi di tiga jendela lainnya.
"Hingga saat ini di Indonesia, kami belum terima keluhan terkait masalah itu. Namun di Jepang sudah ada," katanya.
Oleh karena itu, TAM selaku agen tunggal pemegang merek (ATPM) Toyota akan melakukan pemanggilan para pemilik empat model sedan dengan tahun produksi 2006 - 2008 itu, untuk membawa mobil mereka ke bengkel Toyota terdekat.
"Para dealer sedang kami persiapkan untuk melakukan pemanggilan dan penjadwalan untuk melakukan pemeriksaan," ujar Joko.
Namun, ia mempersilahkan para pemilik sedan tersebut untuk datang langsung ke bengkel terdekat bila mobil mereka terdeteksi mengalami gangguan pada tombol jendela penumpang seperti tersendat atau macet.
Menurut Joko, pemeriksaaan dan perbaikan mobil tersebut memakan waktu antara 30 menit hingga satu jam.
Sejauh ini, suku cadang yang diperlukan untuk perbaikan tombol utama pada jendela mobil empat model sedan (2006 - 2008) tersebut relatif tersedia, karena TAM setidaknya memiliki stok untuk berbagai suku cadang mobil yang dipasarkan di Indonesia.
GM Perencanaan Perusahaan dan Hubungan Masyarakat TAM, Widyawati, mengatakan bahwa pada periode 2006 - 2008 pihaknya menjual sebanyak 33.199 unit Yaris, 12.144 unit Vios, 4.879 unit Corolla Altis, dan 7.007 unit Camry atau seluruhnya berjumlah 57.229 unit.
Namun diperkirakan, yang terkenda penarikan untuk perbaikan hanya sekitar 53 ribu unit, karena hanya dari bulan tertentu yang mengalami gangguan pada tombol utama jendela mobil.(kpl/bun)

0 comments:

Post a Comment