Search This Blog

Loading...

Wednesday, January 9, 2013

Beberapa Tips Bepergian untuk Ibu Hamil

Beberapa Tips Bepergian untuk Ibu Hamil - Kondisi hamil tidak seharusnya menghalangi anda untuk bepergian, asalkan anda sudah mempersiapkan diri secara matang. Bebergian saat hamil sama rumitnya seperti bepergian di musim hujan, ada banyak hal yang perlu anda persiapkan. Saat sedang hamil, stress dan rasa jenuh akan sering menghampiri. Hal ini sangat wajar karena terjadi perubahan hormonal di dalam tubuh. Namun jika anda tahu bagaimana mengendalikan situasi ini, anda pasti melewatkan liburan dengan menyenangkan. Dalam kondisi hamil, dua lebih baik daripada satu. Artinya, jika memungkinkan ajaklah orang lain untuk menemani perjalanan anda. Karena jika anda memerlukan bantuan saat melakukan suatu hal, ada orang yang siap membantu anda. Berikut adalah beberapa tips bepergian untuk ibu hamil:
  1. Jangan pergi terlalu jauh. Ada 2 jenis perjalanan, yang pertama adalah perjalanan untuk liburan dan kedua adalah perjalanan untuk bisnis. Jika anda ingin melakukan perjalanan untuk liburan, maka sebaiknya hindari bepergian terlalu jauh. Kondisi ibu hamil berbeda dengan orang yang sedang tidak hamil. Jika anda terbiasa bepergian jauh sebelum mengandung, belum tentu anda merasakan hal serupa saat hamil. Menghindari bepergian jarak jauh akan membantu mencegah munculnya stress di perjalanan. Sedangkan jika anda harus bepergian jauh karena urusan pekerjaan, jangan paksakan diri untuk pergi. Cari waktu sebanyak mungkin untuk beristirahat di perjalanan, apalagi anda menempuh perjalanan melalui jalur darat. Jika anda bepergian dengan pesawat, hindari duduk terlalu lama. Duduk terlalu lama tidak baik untuk jabang bayi anda karena aliran darah akan menjadi tersendat. Carilah kesempatan untuk sekedar berdiri atau berjalan di dalam lorong pesawat.
  2. Bepergian di trimester kedua kehamilan ini. Hal ini juga perlu anda lakukan jika ingin bepergian saat hamil. Ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan perjalanan  karena keluhan seperti pusing dan  mual relatif berkurang sehingga anda tidak akan kerepotan selama di perjalanan. Anda juga sebaiknya mengecek peraturan maskapai penerbangan terkait ibu hamil sebab beberapa maskapai penerbangan tidak mengijinkan ibu hamil naik pesawat sebelum mencapai 34 minggu umur kandungan. Anda juga bisa menyampaikan catatan yang diberikan oleh bidan terkait kondisi kehamilan anda saat ini.
  3. Tips bepergian untuk ibu hamil berikutnya adalah jangan lupa membawa catatan kehamilan. Jika anda belum memilikinya, silakan minta ke bidan atau dokter yang merawat anda. Membawa catatan kehamilan sangat penting agar orang tahu dengan kondisi kehamilan anda.
  4. Bawa snack. Mengapa membawa snack sangat disarankan untuk ibu hamil? Ibu hamil perlu menjaga kadar gula dalam darah tetap stabil. Dengan membawa snack, anda tidak perlu lagi khawatir kelaparan di tengah perjalanan atau merasa pusing karena kurang makan. Bawalah snack yang sehat seperti buah aprikot, pisang, wortel, dsb. Makanan seperti ini sangat mudah anda temukan di perjalanan, misalnya di toko sayuran, warung makan, atau di tempat lainnya.
  5. Atur kondisi senyaman mungkin. Satu hal yang perlu anda perhatikan jika bepergian saat hamil adalah jaga pikiran dan tubuh tetap tentang. Kondisi hamil seringkali membuat seorang wanita menjadi lebih sensi dan lekas marah. Nah, untuk menjaga emosi tetap stabil selama di perjalanan, perbanyak waktu untuk tidur. Selain itu pakailah alas yang nyaman untuk beristirahat. Selain untuk kenyamanan diri anda, juga untuk kenyamanan bayi di dalam kandungan anda.
Nah, itu adalah beberapa tips bepergian untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat untuk anda.

0 comments:

Post a Comment