Search This Blog

Loading...

Thursday, April 9, 2015

Adu Performa Yamaha R15 vs New Vixion Lightning vs Honda CB150r SF vs Honda CBR 150 vs Satria FU

Nah secara desain Yamaha R15 memang sudah diakui lintas fanboi kalo ganteng dan keren, body menarik, dengan fitur serba wah serta harga yang bikin iman bergoyang, untung masih ingat cicilan yang lain, jadinya ngerem pembelian motor dulu wkwkwkwk.
Yamaha R15 Racing Equipment modification
Nah banyak yang mencibir soal bagaimana performanya, pasti lemot, lelet,  kayak siput hihihihi, nah daripada bergunjing kencang-kencangan mana, da ada nie friends Majalah yang nge-test performa R15, ya memang namanya ngetest pasti ada margin err… tapi kredibilitas majalah otomotif ini, cukup lah dijadikan bahan referensi madev ambil dari teman blogger nie Lovemotobike.
Monggo langsung saaja disimak tabel yang madev sengaja bikin buat friends semua, madev memang sengaja mengcompare antara motor yang hanya 150 cc 4 tak saja, baik DOHC maupun SOHC ya.. bisa dilihat dari hasil ditabel mesin SOHC maupun DOHC tidak ngefek jauh cuy, kalo dijalan raya beneran mah, dengan spek kayak gini tergantung nyali rider aja nie.
note : Test dilakukan oleh tabloid Otomotif dengan jarak 0-402m, untuk Top Speed jarak 1 Km (sumber http://motor.otomotifnet.com/read/2014/04/25/349058/38/13/First-Ride-Yamaha-YZF-R15-Top-Speed-Tembus-133-KmJam )
Data performa R15, new vixion, cb150r, cbr 150, satria FU
Nah dari data didapat bahwa untuk akselerasi tercepat adalah CB150R unggul hampir 0,3 detik-an dari New Vixion Lightning yang SOHC, tapi ini belum dihitung beratnya ya, New Vixion sudah mengaplikasikan Ban gambot, coba kalo Ban dibuat serupa??apakah CB150R keok? ah daripada berandai-andai kayak fanboi, yuk lanjut :p
tampak belakang honda cb150r
Yang mengherankan juga Yamaha R15 kalo soal akselerasi memang tidak unggul tapi mampu meraih Top Speed yang sangat baik, hampir sama dengan CBR, yang katanya import dari thailand, ternyata gak superior juga… nyaris sama akselerasinya dengan Yamaha R15 dan juga Top Speednya nyaris sama, padahal beda harga 10 juta euy… cepetan deh AHM keluarin CBR lokal, CBR mu sangat overpriced!!
Nah mesin SOHC ternyata tidak kalah juga kan kalo diadu??bahkan jika harus dicompare dengan Satria FU, terlihat biasa-biasa saja, tidak terlalu istimewa walau sudah bermesin DOHC, tapi ternyata untuk konsumsi bahan bakar, New Vixion Lightning terlihat paling irit… mampu mencapai 37km/l, ini juga menjadi point penting bagi R15 maupun New Vixion Lightning.
yamaha vixion lightning
Kesimpulan, motor 150 cc secara performa hampir seragam, perbedaannya pun gak terlalu signifikan, kalo istilah Drag paling kalo menang cuma setengah Ban depan hehehehe, ya tapi mana ada Drag motor standart… kecuali drag cabe-cabean hihihihi, sangat disayangkan memang motor yang sudah fairing dan terlihat sporty, keren, sangar seperti CBR dan R15 di hasil test justru malah keok secara akselerasi ama motor harian macam NVL dan CBsf, ya wajar mungkin ya, karena bobot motor, tapi misal kalo jalurnya ditambah gak cuma 402 meter, motor seperti CBR dan R15 tentu bisa jauh lebih unggul, secara top speednya terbaik.
Yamaha R15 Indonesia buritan
Selainn performa yang hampir sama, konsumen pasti akan melihat sisi yang lain yaitu dari sisi Desain, fitur dan juga Harga, R15 memang unggul disini IMHO ya, dengan harga Under 30 juta, sudah mengaplikasikan Swing arm alminium dan deltabox alminium, dan desain layaknya Moge R6, Yamaha R15 memiliki value yang sangat tinggi di segment Sport 150cc, so sudahkah anda inden hari ini?? monggo dishare comentnya.

0 comments:

Post a Comment