Search This Blog

Saturday, January 4, 2014

Contoh ungkapan bahasa inggris di dalam kelas (Class Expression)

Advertisement
Percakapan bahasa inggris - Ungkapan di dalam kelas (Class Expression) Adalah ungkapan/ekspresi yang digunakan di dalam kelas dalam bahasa Inggris. ungkapan/ekspresi yang digunakan di dalam kelas dalam bahasa Inggris sangat banyak sekali variasinya. Dan setiap variasi mempunyai fungsi dan peran yang berbeda, tergantung situasi dan kondisi pembicaraan. Dengan adanya berbagai macam contoh yang saya paparkan, diharapkan anda akan lebih bervariatif dalam berbicara bahasa Inggris. ungkapan/ekspresi yang digunakan di dalam kelas disini saya pisah menjadi 4 bagian. Berikut contoh – contoh ungkapan/ekspresi yang digunakan di dalam kelas dalam bahasa Inggris yang pertama.
1. Permission (meminta izin)
Bahasa Inggris
Bahasa Indonesia
May I wash my hand?
Bolehkah saya ke belakang?
Would you please let me go to the toilet?
Bolehkah saya pergi ke toilet?
I’m sorry to interrupt mom/sir, I have an urgent thing to do
Maaf mengganggu bu/pak, saya ada urusan mendadak
I want to go to the toilet
Saya ingin pergi ke toilet
Keterangan: - “May I wash my hand?”  Dan “Would you please let me go to the toilet?” dalam konteks ini sebetulnya maksutnya sama, yaitu meminta ijin untuk pergi ke toilet. Tapi “May I wash my hand?”  dinilai lebih sopan. Jadi kalo mau izin ke toilet gunakan yang “May I wash my hand?”  ya.
contoh – contoh ungkapan/ekspresi yang digunakan di dalam kelas dalam bahasa Inggris yang kedua.
2. Coming late (Datang terlambat)
Bahasa Inggris
Bahasa Indonesia
I’m sorry mum, I have my flat tire
Maaf bu, Ban saya bocor
I’m so sorry sir, I overslept
Maafkan saya pak, saya terlambat bangun
I’m sorry mum, there was a traffic jam
Maaf bu, lalu lintas macet
I’m sorry sir, I had my late breakfast
Maaf pak, saya terlambat makan siang
contoh – contoh ungkapan/ekspresi yang digunakan di dalam kelas dalam bahasa Inggris yang ketiga.
1.  Asking to the teacher (Bertanya pada guru)
Bahasa Inggris
Bahasa Indonesia
I’m sorry to interrupt sir/mum. Would you please reviewing the subject?
Permisi pak/bu, bisakah bapak/ ibu mengulas pelajaranya?
Sir/mum, the description is still confusing. Would you please make it clear?
Pak/bu, penjelasannya masih membungungkan, tolong diperjelas.
Excuse me, what is “janda” in English?
Permisi, apa bahasa Inggrisnya “janda”?
contoh – contoh ungkapan/ekspresi yang digunakan di dalam kelas dalam bahasa Inggris yang keempat.
2. Asking for permission (izin tidak masuk sekolah)
Bahasa Inggris
Bahasa Indonesia
I have a bad headache
Saya sakit kepala
I’ve got a tootache
Saya sakit gigi
I have a butterfly in my stomach
Perut saya melilit
I have a stomachace
Saya sakit perut
I’ve got a serious could
Badan saya panas sekali/demam
I’m going to visit my uncle. He is in the hospital
Saya pergi mengunjungi paman saya. Dia dirawat dirumah sakit
I forget to inform my mum that…
Saya lupa memberitahukan bahwa ibu saya…
I promise to accompany my mum to go
Saya mempunyai janji untuk mengantar ibuku pergi
Demikian contoh – contoh ungkapan/ekspresi yang digunakan di dalam kelas dalam bahasa Inggris (Class Expression). Dan itu hanya beberapa contoh saja, kita bisa memodifikasi dan menambahkan sesuai dengan pilihan kata – kata kita sendiri. Untuk pelajaran Ungkapan bahasa Inggris ini ada kelanjutannya ke bagian II. Dalam Class expression bagian II, pelajaran lebih ditujukan kepada guru (pengajar). Karena di dalamnya mostly instruksi yang sering didunakan guru pada saat mengajar. Tapi saya juga akan memberikan sedikit tentang respond yang dapat di gunakan oleh siswa. Intinya, whether guru or murid, kedua-duanya wajib mempelajari. Karena walaupun sebagai murid, kita juga harus paham dengan apa yang di katakana guru. Pesen saya, jangan beralih ke materi berikutnya sebelum materi ini benar benar anda pahami dan dengan mahir anda terapkan. Tidak boleh terburu – buru dalam belajar bahasa Inggris.
Selamat belajar, semoga sukses……….

0 comments:

Post a Comment