Search This Blog

Loading...

Friday, April 26, 2013

Kajian tentang Mata Pelajaran Bahasa Indonesia



            Suatu kegiatan pembelajaran diselenggarakan untuk membentuk watak, peradaban, dan meningkatkan mutu kehidupan peserta didik. Kegiatan pembelajaran perlu memberdayakan semua potensi siswa untuk menguasai kompetensi yang diharapkan. Pemberdayaan diarahkan untuk mendorong pencapaian kompetensi dan prilaku khusus supaya setiap individu rnampu menjadi pembelajar sepanjang hayat dan mewujudkan masyarakat belajar.
            Kegiatan pembelajaran mengembangkan kemampuan untuk mengetahui, memahami, melakukan sesuatu, hidup dalam kebersamaan, dan mengaktualisasikan diri. Dengan demikian, kegiatan pembelajaran perlu :
1)      Berpusat pada peserta didik.
2)      Mengembangkan kreativtas peserta didik.
3)      Menciptakan kondisi yang menyenangkan dan menantang.
4)      Bermuatan nilai, etika estetika, logika, dan kinestetika.
5)      Menyediakan pengalaman belajar yang beragam.
            Dalam Pelaksanaan kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia guru harus mampu menerapkan berbagai strategi dan metode pembelajaran yang menyenangkan, kontekstual, efektif. efisien dan bermakna. Sehingga dalam kegiatan pembelajaran tersebut mampu mengembangkan dan meningkatkan kompetensi, kreativitas, kemandirian. kerjasama. solidaritas, kepemimpinan. empati, toleransi dan kecakapan hidup peserta didik guna membentuk watak serta meningkatkan peradaban dan martabat bangsa.
Mata pelajaran Bahasa Indonesia berfungsi untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi dengan menggunakan simbol-simbol serta ketajaman penalaran yang dapat membantu memperjelas dan menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Di sekolah dasar pembelajaran Bahasa Indonesia diutamakan agar siswa mengenal, memahami serta mahir menggunakan bilangan dalam kaitannya dengan praktik kehidupan sehari-hari (Udin S. Wiranataputra, 2005:117).

0 comments:

Post a Comment