Suatu kegiatan pembelajaran
diselenggarakan untuk membentuk watak, peradaban, dan meningkatkan mutu
kehidupan peserta didik. Kegiatan pembelajaran perlu memberdayakan semua potensi
siswa untuk menguasai kompetensi yang diharapkan. Pemberdayaan diarahkan untuk
mendorong pencapaian kompetensi dan prilaku khusus supaya setiap individu
rnampu menjadi pembelajar sepanjang hayat dan mewujudkan masyarakat belajar.
Kegiatan pembelajaran mengembangkan
kemampuan untuk mengetahui, memahami, melakukan sesuatu, hidup dalam
kebersamaan, dan mengaktualisasikan diri. Dengan demikian, kegiatan
pembelajaran perlu :
1) Berpusat
pada peserta didik.
2) Mengembangkan
kreativtas peserta didik.
3) Menciptakan
kondisi yang menyenangkan dan menantang.
4) Bermuatan
nilai, etika estetika, logika, dan kinestetika.
5) Menyediakan
pengalaman belajar yang beragam.
Dalam Pelaksanaan kegiatan pembelajaran
Bahasa Indonesia guru harus mampu menerapkan berbagai strategi dan metode
pembelajaran yang menyenangkan, kontekstual, efektif. efisien dan bermakna.
Sehingga dalam kegiatan pembelajaran tersebut mampu mengembangkan dan
meningkatkan kompetensi, kreativitas, kemandirian. kerjasama. solidaritas,
kepemimpinan. empati, toleransi dan kecakapan hidup peserta didik guna
membentuk watak serta meningkatkan peradaban dan martabat bangsa.
Mata pelajaran Bahasa
Indonesia berfungsi untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi dengan
menggunakan simbol-simbol serta ketajaman penalaran yang dapat membantu
memperjelas dan menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Di
sekolah dasar pembelajaran Bahasa Indonesia diutamakan agar siswa mengenal,
memahami serta mahir menggunakan bilangan dalam kaitannya dengan praktik
kehidupan sehari-hari (Udin S. Wiranataputra, 2005:117).
0 comments:
Post a Comment